Unlocker
Rabu, 27 Juni 2007 |

error-eject-ufd

Saya sering sekali mengalami kejadian ketika mengeluarkan (eject) USB flash drive (UFD), akan mendapat pesan seperti gambar di atas. Padahal sepertinya sudah tidak ada program yang menggunakannya. Tentu saja saya salah, karena jika pesan itu muncul berarti masih ada program yang menggunakannya meskipun tanpa kita sadari. Lebih sering saya mengalami, program yang menyebabkan terkuncinya UFD adalah Windows Explorer (explorer.exe). Kejadian lain yang pernah saya alami adalah ketika menggunakan UFD di komputer lain yang saya perkirakan karena ada aktivitas virus yang sedang mengaksesnya. Salah satu freeware yang dapat digunakan untuk mendeteksi program apa yang sedang menggunakan UFD adalah Unlocker.

unlocker-f

Bukan hanya untuk UFD, Unlocker juga dapat digunakan untuk mengetahui program apa yang sedang menggunakan folder atau file tertentu, misalnya ketika akan menghapus folder atau file tersebut. Pesan-pesan lain yang mungkin terjadi adalah:

  • Cannot delete file: Access is denied
  • There has been a sharing violation.
  • The source or destination file may be in use.
  • The file is in use by another program or user.
  • Make sure the disk is not full or write-protected and that the file is not currently in use.

Unlocker selain untuk mendeteksi program yang sedang menggunakan UFD, folder atau file, juga dapat digunakan untuk mematikan proses program yang sedang menggunakannya, sehingga UFD dapat di-eject dengan sempurna, folder atau file dapat dihapus, atau aktivitas lainnya yang terkait. Bisa jadi, kita pun akan mengetahui, jika yang sedang mengaksesnya adalah program berbahaya seperti virus atau trojan.

Setelah menginstallnya, kita dapat menggunakan dengan mengklik kanan UFD, folder atau file yang terkunci dan disana memilih Unlocker, dan kita akan mendapati tampilan seperti gambar di bawah:

unlocker

Jika proses program yang sedang menggunakan kita yakini memang tidak diinginkan, kita dapat memilih proses tersebut dan mengklik tombol Hentikan Proses (untuk Unlocker dengan preferensi Bahasa Indonesia). Jika kita memilih menghentikan proses untuk objek yang terkunci explorer.exe, maka jangan takut ketika taskbar akan menghilang, biasanya ini terjadi sementara untuk kemudian akan tampil kembali.

Unlocker

Dikutip dari Mas Eko

Label:

diposting oleh palzum @ 11.10

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda