Nama:
Lokasi: Indonesia
Postingan Sebelumnya
Visit the Site

Powered by Blogger

MARVEL and SPIDER-MAN: TM & © 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. © 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved.
IRC pakai WebCam ?? Why Not ... ???
Kamis, 28 Juni 2007 |

Catatan Penulis: Banyak dari kolega saya menggunakan IRC, dan beberapa diantaranya memiliki webcamera jadi kita dapat melihat tampang mereka. Dengan mengkombinasikan sebuah IRC Client dan Webcamera, kita dapat membiarkan orang lain mengetahui apa yang kita lakukan, bahkan jika tidak bersedia dilihat melalui webcam-nya.

Menambahkan IRC Nickname anda ke Webcam

Webcam merupakan cara terbaik untuk membiarkan orang lain mengetahui tepatnya apa yang anda lakukan – setelah segala sesuatunya, sebuah gambar adalah dapat menyatakan lebih banyak, khususnya jika anda tidak ingin terlihat. Hacking ini menunjukkan kepada anda cara menampilkan IRC nickame anda pada gambar Webcam anda.

Software yang digunakan untuk hacking ini adalah Dorgem. anda dapat mendownloadnya dari http://dorgem.sourceforge.net

Satu fitur yang bermanfaat dari Dorgem adalah memungkinkan anda untuk menghamparkan cuplikan pada webcam anda. Cuplikan ini dapat berupa gambar bitmap atau plain text. Jika anda memilih opsi plain text, anda dapat memilih untuk menampilkan string yang anda ketik, atau memberitahukan untuk membaca isi sebuah file. Pilihan terakhir memungkinkan anda untuk menyertakan teks apapun pada file tersebut, jadi anda dengan mudahnya membuat secript untuk IRC client anda yang mengupdate file tersebut dengan nickname anda yang terkini.

Menuliskan Nickname anda ke sebuah File

Hacking ini dijalankan pada mesin Windows, menggunakan mIRC sebagai IRC client. Untuk memperbarui content dari file setiap kali anda mengubah nickname anda, yang dibutuhkan untuk mencegat event tersebut. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah mengesampingkan perintah mIRC /nick agar menyimpan nickname terbaru.dalam sebuah file.

Bukalah mIRC Scripts Editor (Tools -> Script Editor…) dan pilih tab Aliases. Sekarang buatlah alias untuk perintah /nick seperti dibawah ini.

Gambar 1. Memodifikasi perintah mIRC /nick

Mengabaikan perintah /nick dan menyebabkan rangkaian dari 3 perintah lainnya dapat dieksekusi. Baigan pertama adalah variabel $1 untuk perintah /nick. $1 merupakan argumen pertama yang memberikan alias anda, jadi memiliki pengaruh mengubah nickname anda seperti biasa.

Baris kedua mengeluarkan sebuah string ke window aktif anda agar anda dapat menerima sebuah konfirmasi tentan apa yang webcame anda katakan. $2 – merupakan sebuah variabel yang mempersiapkan argumen kedua, termasuk semuanya setelah itu. Maksudnya anda dapat menambahkan beberapa detil setelah nickname anda, dan mereka juga menyertakan dalam pesan ini.

Baris ketiga menuliskan pesan yang sama ke sebuah file. –c artinya bahwa file tersebut diberisihkan sebelum ditulis. Dalam contoh ini, pesan akan ditulis ke c:\tempt\nick.txt.

Alias membiarkan anda untuk menambahkan parameter ekstra ke perintah /nick dalam kasus anda ingin menambah detik lagi ke pesan webcam anda. Sebagai contoh, jika Paul ingin mengubah nicknamenya menjadi Paul\desk-less, dia bisa melakukannya dengan memasukkan:

/nick Paul|desk-less

Hal ini menyebabkan file nick.txt berisikan:

Current IRC nick: Paul|desk-less ...

Jika dia ingin memasukkan beberapa informasi mengenai nicknamenya, dia tinggal menambahkan beberapa detil pada perintah /nick
/nick Paul|desk-less they came and stole my desk :(

Hal ini menyebabkan file nick.txt berisikan:

Current IRC nick: Paul|desk-less ... they came and stole my desk :(

Sekarang setelah anda mengonfigurasi IRC client anda, maka untuk menjaga agar file ini up-to-date, anda harus mengeset Dorgem untuk menampilkan content pada webcame anda.


Menampilkan File Content pada Dorgem

Anggaplah Dorgem dibuka dan dijalankan dengan sesuai, anda dapat menambah cuplikan webcam dengan mengklik tombol Caption Settings, seperti gambar dibawah ini.

Gambar 2. Window utama Dorgem

Pada kotak dialog Caption Setting, Clik Add untuk menambah tampilan caption baru. Setelah ditetapkan, pilih Text dan klik OK.


Gambar 3. Menambahkan jenis caption baru

Pada kotak dialog Text Caption Settings, berikan caption untuk nama, sama halnya dengan “IRC nick” yang tidak ditampilkan pada webcam, tapi membantu anda untuk mengetahui apakan caption ini digunakan untuk jika anda mengakhiri yang lainnya.

Pastikan menandai kotak cek Enable dan set length-nya ke 0 (unlimited). Masukkan nama file pada kotak file. Untuk hasil terbaik, anda harus membuat teks transparent, dengan kata lain, akan dicetak pada latar gelap. Jika anda ingin membuatnya lebih baik, anda bisa menambahkan bayangan dan menggunakan warna kontras pada background dan foreground.


Gambar 4. Mengatur caption untuk membaca sebuah file

Klik pada tombol Position memperlihatkan kotak dialog Caption Position, seperti yang ditunjukkan dibawah ini. Pada kasus ini contoh penampatan caption pada bawah kanan dari webcam. Jika anda mengetahui dimensi dari webcam anda, anda bahkan bisa bereksperimen dengan posisi tertentu.

Gambar 5. Mengatur posisi caption

Hasilnya

Hasil akhirnya: webcam dengan IRC nickname saat itu dan pesan pribadinya di bawah kanan.

Gambar 6. Webcam dengan nickname dan pesan pribadinya.

Saat orang melihat webcam anda saat ini, mereka tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui bahwa anda sedang tidak ada ditempat.

Memproses Pesan untuk User lainnya

Catatan penulis: apakah anda menggunakan IRC pada saat bekerja atau chating dengan teman anda, selalu menggunakan IRC bot yang dapat memberikan pesan pendek ke user lainnya. Artikenl ini menunjukkan kepada anda cara membuat IRC bot anda yang dapat melakukan hal tersebut.

Bagi kebanyakan orang, IRC lebih dari sekedar tempat untuk chat. Sekelompok masyarakat dala channel, anda memiliki ketertarikan yang sama bukan? IRC telah menjadi tempat alamiah untuk berbicara pada kelompok masyarakat ini. Anda bahkan tidak perlu mengetahui alamat email orang yang anda ajak bicara, karena memang tidak diperlukan. IRC memungkinkan anda chat secara real time. Yang seringkali lebih baik ketimbang menunggu respon melalui email. IRC memungkin anda mentransfer file secara langsung dari satu client ke client lainnya.

Ketergantungan pada IRC terkadang membuat orang lupa bahwa ada media komunikasi alternatif lainnya. Tentunya, beberapa orang bahkan menjadi frustasi saat mereka harus memilih alternatif! Jika orang yang ingin anda ajak bicara meninggalkan servernya untuk sesaat (mungkin saatnya tidur atau kepasar) dan anda tidak mengetahui alamat emailnya, anda dapat menggunakan IRC bot untuk mengirim pesan anda saat dia online kembali.

Sebuah bot yang mengirim pesan tidak harus terlalu sukar. Secara keseluruhan yang dilakukannya adalah mengijinkan user untuk membuat pesan baru, menyimpan dan mengirimnya pada saat tertentu.

Tell DeadEd agar melihat http://www.jibble.org/comicbot/
Okay, Jibbler

Selanjutnya DeadEd join ke channel tersebut, bot tersebut mencatat pesan untuk DeadEd:

* DeadEd has joined #irchacks
DeadEd, Jibbler memberitahu saya agar anda melihat
http://www.jibble.org/comicbot/


Code

Kita bisa menggunakan sebuah HashMap untuk menyimpan daftar pesan yang tercatat, mengijinkan lebih dari satu pesan untuk dikirim ke siapapun. HashMap akan mengindeks berdasarkan nickname, dan setiap masukan akan merujuk ke sebuah ArrayList yang berisikan pesan untuk user tersebut.

Create a file called TellBot.java:
import org.jibble.pircbot.*;
import java.util.*;

public class TellBot extends PircBot {

// A map of String (nickname) to ArrayList (message Strings).
private HashMap messages = new HashMap( );

public TellBot(String name) {
setName(name);
}

public void onMessage(String channel, String sender, String login,
String hostname, String message) {

String[] tokens = message.split("\\s+");

// Check for the "tell" command.
if (tokens.length > 2 && tokens[0].equalsIgnoreCase("tell")) {
String nick = tokens[1];
message = message.substring(message.indexOf(nick) + nick.length( ) + 1);

// Convert the nickname to lowercase for use in the HashMap.
String key = nick.toLowerCase( );
ArrayList list = (ArrayList) messages.get(key);
if (list == null) {
// Create a new ArrayList if the HashMap entry is empty.
list = new ArrayList( );
messages.put(key, list);
}

// Add the message to the list for the target nickname.
list.add(sender + " memberi tahu saya agar anda " + message);
sendMessage(channel, "Okay, " + sender);
}

}

public void onJoin(String channel, String sender,
String login, String hostname) {

// Convert the nickname to lowercase to get the HashMap key.
String key = sender.toLowerCase( );
ArrayList list = (ArrayList) messages.get(key);
if (list != null) {
// Send all messages to the user.
for (int i = 0; i < list.size( ); i++) {
String message = (String) list.get(i);
sendMessage(channel, sender + ", " + message);
}
// Now erase all messages for this user.
messages.put(key, null);
}
}

}


Memberitahukan bahwa HashMap key harus dikonversi ke huruf kecil. Hal ini secara efektif membuat nickname tidak case sensitif, jadi suatu pesan yang ditinggalkan untuk “Paul” dapat diterima oleh “paul”.

Metode onMessage berlaku kapanpun seseorang mengirim pesan ke channel tersebut. Metode periksa ini untuk melihat apakah user telah memasukkan perintah “tell” – jika ya, tambahkan pesan tersebut ke HashMap.

Saat seorang user join ke channel tersebut, metode onJoin dilakukan. Jika terdapat berbagai pesan untuk user ini, mereka mengirim ke channel tersebut dan kemudian menghapusnya dari HashMap.

Untuk efektifitas bot tersebut, anda perlu sebuah metode utama. Buatlah script ini
dalam TellBotMain.java:


public class TellBotMain {

public static void main(String[] args) throws Exception {
TellBot bot = new TellBot("TellBot");
bot.setVerbose(true);
bot.connect("irc.freenode.net");
bot.joinChannel("#irchacks");
}

}


anda juga bisa memberitahu bot untuk join lebih dari satu channel – tinggal memodifikasi metode panggil joinChannel dengan mengisikan tanda koma, sebagai contoh:
bot.joinChannel("#irchacks,#jibble,#pircbot");

Pesan akan diterima dari seluruh channel dan dikirim ke penerima pertama yang join.


Melakukan Hack

Compile bot seperti ini:
javac -classpath .;pircbot.jar *.java

Jalankan bot dengan:
java -classpath .;pircbot.jar TellBotMain

Hasilnya

Lihat bot tersebut beraksi. Segera setelah DeadEd join ke channel, TellBot mengirim pesan saya kepadanya.

Gambar 7-7. TellBot mengirim pesan dari Jibbler ke DeadEd

Jenis bot ini sangat populer di kalangan komunitas. Anda dapat menemukannya sendiri dengan mengirim email bila anda ingin menggunakannya.

Sekian.

Dikutip dari Melawai & Ditulis oleh Cindil

Label:

diposting oleh palzum @ 08.40

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda